Langkah Keselamatan Komputer

Langkah Keselamatan KomputerPerkembangan teknologi sungguh pesat dan bahkan diluar dugaan kita. Saat ini semua pekerjaan manusia menjadi lebih mudah seiring dengan semakin berkembang dan canggihnya dunia teknologi, terutama teknologi komputer. Komputer kini telah menghandle banyak pekerjaan manusia, mulai dari industri kecil hingga pabrik-pabrik besar, semuanya melibatkan komputer untuk memudahkan proses kerja.

Ada banyak sekali manfaat yang kita peroleh dari pesatnya perkembangan teknologi komputer diantaranya adalah menjadi lebih mudah dalam mengendalikan pekerjaan, melakukan komukasi menjadi lebih mudah, pekerjaan bisa diselesaikan dengan lebih cepat dan mudah. Manfaat komputer bahkan tidak hanya dirasakan dalam dunia industri saja, tetapi orang-orang non industri juga turut mendapatkan manfaat penggunaan komputer baik untuk hiburan, komunikasi dan lainnya. Namun dibalik manfaat dan berbagai keuntungan yang bisa diperoleh dari penggunaan komputer, terdapat juga sisi negatif dari penggunaan komputer, terutama sekali dalam segi kesehatan. Seseorang yang selalu terpapar radiasi komputer juga akan mengalami gangguan kesehatan mulai yang ringan hingga berat. Lalu bagaimana dengan Anda yang pekerjaannya memang menuntut untuk berada di depan komputer sepanjang waktu? Selalu ada cara taktis untuk menyiasati penggunaan komputer agar tidak membahayakan kesehatan. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat diikuti seabagai langkah keselamatan komputer:

  1. Atur kecerahan monitor

Mengatur tingkat kecerahan monitor sangat penting untuk dilakukan. Tentukan titik paling nyaman untuk mata dan penglihatan Anda. Layar komputer yang terlalu cerah akan membuat mata mudah lelah bahkan bisa memicu mata sakit.

  1. Menggunakan screen protector atau kacamata antiradiasi

Saat ini telah banyak hadir di pasaran screen protector atau pelindung layar yang bisa meminimalisasi radiasi layar. Selain menggunakan screen protector, Anda juga bisa menggunakan kacamata anti radiasi. Ini penting terutama jika Anda dituntut untuk berada di depan monitor sepanjang hari.

  1. Mengatur jarak pandang

Jarak antara mata dan monitor juga akan berpengaruh terhadap kenyamanan dan kesehatan mata Anda. Aturlah jarak dengan tepat, tidak terlalu dekat namun juga tidak terlalu jauh. Jarak ideal adalah antara 45 cm antara mata dengan monitor.

  1. Istirahat secara berkala

Meskipun pekerjaan menuntut Anda untuk selalu berada di depan monitor, namun bukan berarti seharian Anda duduk memandang komputer, selain akan menimbulkan rasa jenuh, ini juga tidak baik untuk kesehatan mata dan tulang. Punggung akan menjadi tumpuan dalam posisi statis, sehingga dapat memicu nyeri punggung. Karena itu beristirahatlah secara berkala, berdiri dan berjalan-jalan santai setiap 1-2 jam. Alihkan pandangan mata pada tumbuhan hijau akan membuat mata kembali segar.

  1. Pola makan sehat

Pola makan sehat adalah kunci utama untuk sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Sertakan sayur dan buah dengan kanudngan vitamin A dan Vitamin D, banyak minum air putih.

  1. Periksana kesehatan mata

Bekerja di depan monitor sepanjang hari dapat memicu berbagai gangguan hingga kerusakan pada mata. Karena itu penting untuk melakukan pemeriksaan mata secara rutin.

Namun seringkali meski telah melakukan langkah keselamatan komputer diatas, berbagai keluhan masih saja terjadi. Sehingga menempatkan Anda pada satu pilihan untuk berhenti dari pekerjaan tersebut. Sebelum hal ini terjadi, Anda bisa mencegahnya dengan melakukan amalan keselamatan. Ini merupakan sebuah amalan atau ikhtiar batiniah untuk mendapatkan keselamatan. Amalan ini dilakukan dengan banyak pilihan cara baik dengan bacaan hidzib, wirid, amalan ragawi, menggunakan sarana atau azimat dan sebagainya. ada banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh dari penggunaan amalan ini, terutama sekali dalam hal keselamatan. Seorang yang melakukan amalan ini akan diselimuti oleh energi yang kuat yang akan senantiasa melindunginya dari berbagai marabahaya.

1,562 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Sarana Lainnya: